Rabu, 15 April 2015

Kepri Jadi Poros Maritim Dunia


PEKANBARU – Perhatian pemerintah pusat dalam mengembangkan Indonesia menjadi negara poros maritim menguatkan Provinsi Kepri sebagai salah satu provinsi sebagai poros maritim dunia.
Ini dikarenakan Provinsi Kepri menjadi konektivitas atau menghubungkan antara satu daerah dengan daerah lainnya. Selain jalur laut, beberapa wilayah perlu dihubungkan dengan bandar udara. Beberapa di antaranya sudah dirintis pembangunannya.

Muhammad Sani

Gubernur Kepri HM Sani mengatakan, meski saat ini belum prima dalam memberikan pelayanan transportasi kepada masyarakat yang berada di luar Kepri, namun Kepri akan mempertajam konektivitas, sarana dan prasarana laut.

”Seperti pembangunan pelabuhan yang ada di Kepri,” kata Sani saat melakukan kunjungan kerja ke Graha Pena Riau Pos yang didampingi Chairman Riau Pos Group H Rida K Liamsi sekaligus meninjau bangunan 11 tingkat tersebut, Kamis (9/4).
Ia menyebutkan, akan mensinkronkan antara Kementerian Maritim dengan Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) yang ada di lingkungan Pemprov Kepri.

”Kita juga akan membentuk satu badan untuk fokus dalam mengembangkan kemaritiman ini. Agar tidak terbagi-bagi antara Satker yang satu dengan Satker yang lainnya,” ujar Sani. Untuk mengembangkan dan mempermudah konektivitas masyarakat yang ingin ke Kepri, pihaknya juga menghubungkan seluruh pulau kecuali Natuna dan Anambas dengan jembatan. termasuk menghubungkan Batam dengan Singapura.

”Kalau Natuna itu kan jauh. Di sana kita persiapkan roro penyeberangan untuk ke Pontianak, Kalimantan. Kita wujudkan dalam lima tahun ke depan jika saya dipercaya kembali memimpin Kepri. Kalaupun tidak selesai dalam lima tahun, setidaknya persiapan-persiapannya sudah dimulai sejak sekarang,” katanya.
Dirinya akan membangun bandara di dua daerah di Letung Kabupaten Anambas dan di Tambelan Kabupaten Bintan untuk mengembang konektivitas yang menjadi PR bagi dirinya untuk diselesaikan.
”Pemerintah juga akan mengembangkan pembuatan kapal yang ada di Batam sebagai bentuk konektivitas untuk poros maritim,” ujarnya.

Kedatangan orang nomor satu di Kepri ini ke Pekanbaru dalam rangkaian menghadiri pelantikan
pengurus Ikatan Mahasiswa Kepulauan Riau di Pekanbaru sekaligus mengadakan pertemuan dengan seluruh mahasiswa Kepri yang ada di Pekanbaru.Juga menghadiri doa 40 hari meninggalnya Tennas Effendi, serta silahturami dengan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman.


0 komentar:

Posting Komentar